Keunggulan Rumah Dengan Desain Bata Expose – Grabatex

Desain Bata Expose adalah merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan desain yang sangat sering digunakan pada dinding rumah untuk menciptakan sebuah hunian yang unik serta memiliki suasana natural/alami. Hal ini bisa tercipta karena material/bahan bata dari tanah liat yang di ekspos dengan susunan yang rapi dan tepat bisa sukses menghadirkan sebuah suasana alami dan eksotis. Sebelum membahas lebih lanjut perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan batu bata ekspos yaitu batu bata penyusun sebuah dinding yang dibiarkan polosan saja tanpa menggunakan plester, aci maupun cat. Dengan demikian akan terekspos sebuah dinding/bangunan dengan karakter bata, baik warnanya, bentuknya serta teksturnya.

Desain-Bata-Expose

Aditya Wijaya dari sebuah Studio Indirakasa menjelaskan bahwa pada dasarnya batu bata dibagi menjadi tiga jenis. Masing-masing jenis ditentukan oleh material atau tanah yang menjadi bahan dasar penyusunannya serta lama tidaknya waktu pembakaran tanah tersebut. Kualitas serta kerapian bentuk dari bata expose juga bisa menjadi penentu mahal tidaknya harga bata tersebut. Aditya Wijaya mengatakan batu bata yang memiliki harga paling mahal adalah batu bata jenis terakota. Bata terakota memiliki material yang sangat halus serta bentuknya yang presisi. Jenis bata selanjutnya adalah bata press biasa yang lebih umum kita kenal. Dan jenis batu bata yang terakhir yaitu bata ekspose yang harganya tentu di atas harga bata biasa. Bata jenis terakota adalah bata yang paling mahal hal ini dikarenakan materialnya yang presisi menyerupai keramik. Selain itu bata terakota memiliki warna merah yang paling kuat. Oleh karena itu, tidaklah heran jika setiap item dari bata terakota ini bisa dijual dengan harga lebih dari tiga ribu rupiah. Sementara itu harga dari batu bata ekspos serta batu biasa jauh lebih murah dari bata terakota.

Desain Bata Expose juga ditentukan oleh banyak hal. Lokasi tempat pembuatan batu bata ekspose sangatlah menentukan harga serta kualitasnya. Aditya Wijaya juga mencontohkan, batu bata ekspose dari daerah Kebumen misalnya, memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari beberapa daerah lainnya karena faktor tanah daerah Kebumen banyak mengandung minyak. Demikianlah sedikit tentang Desain Bata Expose.