Manfaat Dan Cara Mewarnai Batu Bata Ekspose – Grabatex

Beberapa orang mencari cara mewarnai batu bata untuk tetap menjaga warna. Batu bata ekspose merupakan bata yang digunakan untuk membangun dinding tapi tidak dilengkapi dengan lapisan penutup atau aci dari adaonan pasir dan semen. Dinding ini bertujuan untuk memunculkan kesan alami dan natural sehingga memerlukan batu bata khusus untuk bangunan seperti ini. Bata ekspose tidak diberikan warna tertentu dan menggunakan warna aslinya sebagai warna utama.

Pada umumnya bata ini memiliki warna merah hasil dari pembakaran yang merupakan warna natural. Namun pada keadaan tertentu bata ini bisa diberikan warna dengan cat sesuai dengan selera. Salah satu alasan digunakannya cat pada bata ekspose adalah untuk menjaga warna tetap terlihat bagus dan mencolok. Karena seiring berjalannya waktu batu ini bisa mengalami pemudaran warna.

Cara mewarnai batu bata biasanya dinding dengan bata ekspose menggunakan dua cara, yaitu dengan mewarna bagian nat nya saja atau mewarna bagian batanya saja. Untuk bagian nat biasannya akan diberikan warna putih atau mingkin silver sesuai dengan warna alami dari aci.

Batu ekspose ini  bisa diberikan warna dengan cat dinding, namun beberapa tempat telah tersedia cat khusus untuk memberikan warna pada bata ekspose. Bahan yang dipakai untu membuat cat itu sebenarnya tidak jauh berbeda, namun cat khusu itu memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga bata masih bisa menyerap udara sehingga dapat menyejukkan ruangan.

Cat jenis brick stain memang lebih murah, namun cat ini sangat direkomendasikan untuk mewarnai bata ekspose. Mangapa demikian, karena cat ini bisa meresap pada pori-pori batu dan warnanya bisa bertahan sampai 5 tahun. Berbeda halnya jika menggunakan cat bisa, karena cat biasa tidak bisa meresap pada pori-pori bata.

Cara mewarnai batu bata dengan hasil yang maksimal, setelah proses pengecatan bisa dilanjutkan dengan pemberian lapisan anti air atau water proofing. Dengan begitu warna cat tidak mudah luntur ketika terkena air atau lemabab. Water proof berfungsi melindungi agar air yang membasahi dinding tidak bisa masuk pada pori-pori dan meresap kedalamnya. Karena jika air bisa meresap masuk maka bata akan mudah rusak atau keropos.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *