Pembuatan Dan Pemasangan Bata Hias Expose – Grabatex

Bata Hias Expose—Mungkin Anda pernah melihat sebuah bangunan yang dari jauh kelihatannya hanya berasal dari bata saja tanpa dicat, akan tetapi ketika disentuh ternyata dinding dari bata tersebut terasa sangat halus jika dibandingkan dengan bata biasa. Dan ketahuilah bahwa bata tersebut adalah bata yang biasa disebut bata expose. Sesuai dengan namanya, bata expose dibuat dengan sebuah tujuan yaitu untuk diekspos penampilan alaminya dan bukanlah untuk ditutupi dengan wallpaper atau lapisan cat dan plester. Sehingga, tampilan bangunan akan menjadi lebih unik serta alami. Bata hias expose seringkali disebut sebagai bata pres, ini dikarenakan adanya proses pengepresan saat pembuatannya. Proses ini membuat bata expose mempunyai karakteristik yang lebih unik jika dibandingkan dengan bata yang biasa. Harga bata expose jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan bata biasa.

 

Cara Pembuatan Bata Exspose

Bata Hias Exspose dibuat dengan cara kurang lebih hampir sama dengan bata yang biasa. Caranya yaitu mencampurkan tanah liat dengan lumpur, kemudian dijadikan sebagai adonan dengan digiling lalu dicetak. Kemudian, adonan yang telah dicetak ini diolesi solar agar permukaannya menjadi halus serta terlihat mengkilat. Dibuat semacam lubang pada bata yang nantinya diisi perekat disaat proses pembangunan. Setelah dicetak serta diolesi solar maka selanjutnya adalah proses pengepresan lalu dijemur hingga kering kemudian dibakar. Cara pembakaran dapat menghasilkan warna yang berbeda-beda. Pembakaran dengan menggunakan kayu menghasilkan warna merah, sedangkan pembakaran menggunakan jerami menghasilkan warna putih atau hitam. Proses pencetakan serta pembakaran sangat menentukan kualitas bata expose. Bata hias expose yang berkualitas harus dicetak simetris. Pembakarannya juga harus benar-benar kering. Karena jika tidak, maka bata expose akan mudah pecah dan hancur disaat hujan deras.

 

 Bata-Hias-Expos

Pemasangan Bata Hias Expose

Pemasangan bata exspose sama dengan bata biasa. Hanya saja lapisan semennya tidaklah setebal dinding bata biasa. Pemasangan bata hias expose haruslah memperhatikan ukuran serta aspek simetris dari bata tersebut. Setelah selesai disusun, bata hias expose harus dilapisi dengan bahan pencegah datangnya lumut dan serangga. Demikianlah sedikit tentang pembuatan dan pemasangan Bata Hias Expose.