Macam Macam Bata – Grabatex

Seperti yang kita tahu, batu bata masih menjadi bahan bangunan sampai sekarang meski sudah ada bahan-bahan lain yang lebih baik. Batu bata tidak bisa tergantikan meski bisa dikalahkan peminatnya. Konsumen sekarang lebih tertarik pada gipsum. Di samping itu semua, ada beragam jenis batu bata. Macam macam bata, yang jelas tidak cuma ada satu saja. Setiap batu bata memiliki kelebihannya sendiri. Serta kekurangannya.

Meski beragam, tapi fungsi batu bata sama. Contoh saja, batu bata digunakan membuat dinding.
Macam macam bata meliputi, bata ringan (hebel), bata merah, bataton, dan batako press.

Bata ringan (hebel)
Kualitas dari batu bata satu ini sangat baik. Sulit untuk meresap air, lebih ringan dari bata lain, teksturnya yang halus, dan mempunyai tingkat kerataan yang baik.
Namun harga batu bata ini cenderung mahal. Namun kualitasnya seperti yang telah tersebut, tidak akan menjadi masalah dengan harganya bukan?
Umumnya bata ringan memiliki ukuran 60 cm x 20 cm dengan ketebalan 8–10 cm.
Bata ringan tahan dari apa, dan memilki kekedapan suara yang baik. Sayangnya hanya toko besar yang menjual batu bata ini.

Bata Merah
Batu bata merah kedap terhadap air, jadi bila ada hujan, susah untuk batu bata meresap air yang mengenainnya. Bata merah terbuat dari tanah liat, kemudian dibakar sampai tanah liat yang sudah dicetak seperti bata pada umumnya berubah warna menjadi merah. Bata marah lebih sering digunakan sebagai bahan bangunan di desa-desa. Jadi tidak asing lagi katena kerap dijumpai di rumah-rumah penduduk.

Bataton
Bataton memikiki rongga pada bagian dalamnya. Nantinya bisa diisi oleh baja untuk tiap kolom, atau rongganya bisa digunakan untuk jalur pipa atau kabel listrik.
Membuat bataton membutuhkan bahan-bahan seperti agregat, campuran semen, pasir, kerikil, serta bahan khusus lain.

Batako Press
Jenis batako ini bisa dibuat dengan mesin atau dengan cara manual. Dengan campuran semen PC dan pasir atau abu batu, batako ini dapat dibuat. Kelebihannya adalah, batako press susah untuk dirembesi air. Namun batako ini mudah retak. Meski retakannya cuma sebesar rambut.

Sekian artikel macam macam bata. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *