Cara Mudah Memasang Dinding Batu Bata – Grabatex

Dinding batu bata merupakan dinding yang terbuat atau tersusun dari batu bata. Batu bata adalah salah satu jenis bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat. Biasanya batu bata dicetak dengan menggunakan ukuran dan standar tertentu yang kemudian diproses dengan cara dibakar. Batu bata biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan pagar dan dinding, baik dinding luar maupun dinding dalam ruangan.

Tidak semua orang dapat memasang bata dengan baik, maka dari itu tidak sedikit orang meminta jasa tukang untuk memasang batu bata tersebut. Bagi Anda yang belum bisa melakukan pemasangan batu bata untuk dinding bukan berati Anda tidak bisa, Anda dapat belajar untuk melakukannya dengan mengikuti cara yang tertera di berbagai sumber.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang akan diuraikan dengan ringkas mengenai teknik pemasangan batu bata untuk dinding, namun sebelum itu siapkan adukan, alat dan bahan yang diperlukan untuk dipasang pada dinding.  Setelah semuanya siap, maka langkah selanjutnya yaitu sebagai berikut;

  1. Mulailah untuk melakukan pemasangan dinding batu bata.
  2. Pasanglah mistar untuk mengukur lapisan bata dengan tegak lurus, kemudian ukurlah dengan unting-unting.
  3. Pasanglah benang penarik secara horizontal kemudian ukurlah dengan alat (slang air atau water pas).
  4. Tentukan ketebalan lapisan dengan arah vertikal pada mistar dan ukur sesuai ketebalan batu bata yang ditambah dengan tebal spesi 6 hingga 10 mm.
  5. Pastikan permukaan batu bata dalam kondisi bebas debu dan bersih agar adukan bisa merekat dengan sempurna.
  6. Mulailah pemasangan di lapisan pertama dengan didahului pemasangan spesi/adukan sebagai dasar.
  7. Lanjutkan ke lapis berikutnya dengan tetap mengontrol ketegakan pasangan dengan menggunakan alat untin-unting.
  8. Apabila masih ada sisa adukan yang menempel dengan tidak sempurna atau melebihi ketebalan batu bata, maka bersihkanlah dengan segera sebelum mengeras dan susah dihilangkan.

Demikian uraian tentang langkah-langkah pemasangan dinding batu bata diatas. Cara pemasangan diatas merupakan langkah ideal yang sudah sesuai dengan standar. Semoga bermanfaat bagi Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *